Pengaruh Operasional Bus Trans Maminasata pada Hari Kerja Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Kota Makassar

Authors

  • Rahman Anwar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Gabril Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Fatmah Arsal Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/sqxj5720

Keywords:

Bus Trans Mamminasata, Kinerja lalu Lintas, Kemacetan Kota

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kontribusi operasional bus terhadap kinerja lalu lintas di Kota Makassar dan untuk mengetahui bagaimana perbandingan kinerja antara tanpa bus dengan adanya bus operasional terhadap kinerja lalu lintas di Kota  Makassar. Metode analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia atau MKJI (1997. Hasil analisis, ditemukan bahwa operasional bus memberikan kontribusi positif pada kinerja lalu lintas di Kota Makassar apabila banyak masyarakat yang menggunakan bus trans mamminasata yang dapat mengurangi volume kendaraan lalu lintas sehingga meminimalisir kemacetan atau kepadatan lalu lintas. Perbandingan kinerja antara tanpa bus dengan adanya bus operasional terhadap kinerja lalu lintas di Kota  Makassar dari 3 titik lokasi Koridor 1 tepatnya di Jl. Boulevard, Koridor 2 di Jalan Toddopuli Raya Timur dan Jl. Perintis Kemerdekaan disimpulkan bahwa adanya angkutan umum memiliki nilai derajat kejenuhan yang lebih tinggi dibanding tidak adanya angkutan umum (bus transmamminasata) yang menandakan bahwa semakin tinggi nilai derajat kejenuhan maka kondisi lalu lintas semakin tidak stabil begitupun sebaliknya sehingga ketidakstabilan kondisi lalu lintas menyebabkan kepadatan lalu lintas dan kemacetan lalu lintas.

References

Alkam, R. B., & Said, L. B. (2018). Pemilihan Moda Transportasi Menuju Kampus Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Transportasi, 18(3), 201–210.

Almakassari, N. D., Said, L. B., & Massara, A. (2022). Analisis Dampak Lalu Lintas Kegiatan Transaksi Mobile terhadap Kinerja Jalan Nasional (Studi Kasus : Jalan Poros Sungguminasa - Takalar). Jurnal Konstruksi: teKNik, infraSTRUKtur, dan SaIns, 1(2), 1–9. http://pasca-umi.ac.id/index.php/kons/article/view/1008/1151

Amien, S., Said, L. B. S., & Syarkawi, M. T. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Teman Bus Koridor III Kampus II PNUP - Kampus II PIP di Kota Makassar. Magister Teknik Sipil, Universitas Muslim Indonesia, Kota Makassar, Vol. 01(No. 10), 30–39. http://pasca-umi.ac.id/index.php/kons/article/view/1225/1389

Dewa, A. D., Said, L. B., & Syafei, I. (2023). Tinjauan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Menuju Tempat Kerja Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 15–29.

Dirgantara, M. M., I, M. M. S., Said, L. B., & Arsal, S. F. (2020). Analisis Faktor-Faktor dan Identifikasi Titik Kemacetan di Jalan Batua Raya , Kota Makassar. 5(April), 186–196.

Faritzie, H. Al, Djohan, B., & Wijaya, B. (2019). PENGARUH VOLUME KENDARAAN TERHADAP TINGKATKERUSAKAN JALAN. Jurnal Teknik Sipil UNPAL, 9(2), 100–107.

Maryam, S., Said, L. B., & Yunus, T. W. (2021). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Pembangunan Saluran dan Trotoar Pada Kawasan Jalan Nusantara dan Jalan Sulawesi. Jurnal Flyover(Jfo), 01(01), 33–40.

Massara, A., Hakim, A., Wicaksono, A., & Said, L. B. (2018). Structural Equation Modeling On the Calculation of Motorcycle Ownership Index Using Amos Software. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 20(4), 35–43. https://doi.org/10.9790/487X-2004043543

Murdipin, Said, L. B., & Syarkawi, M. T. (2021). Analisis Kinerja Terminal Regional Angkutan Umum (Studi Kasus Terminal Regional Daya Makassar). Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(3), 213–220. https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i3.348

Rizal, M. S., Said, L. B., & Syafei, I. (2022). Kajian Karakteristik Pergerakan Arus Lalu Lintas dan Kinerja Simpang Bersinyal: Studi Kasus Jl. Basuki Rahmat-Jl. Sungai Maruni, Kota Sorong, Papua Barat. Jurnal Konstruksi: Teknik, Infrastruktur dan …, 01(05), 20–28.

Said, L. B., & Chairi, R. (2019). Analisis Simpang Tak Bersinyal dengan Menggunakan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (Studi Kasus Jl. Batara Bira dan Jl. Daeng Ramang). Jurnal Teknik Sipil MACCA, 4(2), 185–196. https://doi.org/10.33096/jtsm.v4i2.373

Supardi, S., Nugroho, A. M., & Said, L. B. (2019). the Influence of Performance and Policy of Local Institutions As Well As Community Participation on the Growth of Slums in Urban Area of Makassar City Indonesia . International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 10(5), 220–238.

Wulandari, A., Basri, L., & Alifuddin, A. (2023). Kajian Kinerja Simpang Di Kota Raha (Studi Kasus Simpang Polsek Katobu). Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 791–801. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.248

Zain, M. A., Said, L. B., Badaron, S. F., & Syafey, I. (2023). Analisis Perilaku Pengendara Sebagai Upaya Perwujudan Prinsip Transportasi Berkelanjutan (Kasus Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 1963–1975.

Downloads

Published

2025-07-30