Analisis Layanan Angkutan Umum Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Bus AKAP di Kota Mamuju

Authors

  • Musdalifah Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Syahirah Puspitasari Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/nhh4hp42

Keywords:

Bukti fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati

Abstract

Penggunaan transportasi umum merupakan aspek penting dalam kehidupan dan perjalanan masyarakat dalam melakukan aktivitas, apalagi di kota-kota bisnis dimana setiap orang ingin melakukan sesuatu dengan cepat, tanpa harus menunggu. Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauh mana pelayanan angkutan bus umum terhadap minat masyarakat mamuju. Metode penelitian ini, menggunakan hasil perolehan data digambarkan secara kuantitatif sebagai gambaran keberadaan variabel bebas (X) yang mempengaruhi variabel (Y). Hasil kesimpulan didapat, Angka koefisien Variabel layanan  X1 Faktor Bukti Fisik dengan nilai koefisien sebesar 0.123 atau sebesar 12,3%, X2 Faktor Keandalan dengan nilai koefisien sebesar 0.050 atau 5%, Angka koefisien Variabel X3 Faktor Ketanggapan dengan nilai koefisien 0.079 atau 7,9%, Variabel X4 Faktor Jaminan Keamanan dengan nilai koefisien sebesar 0.272 atau 27,2%, dan Variabel X5 Faktor Empati dengan nilai koefisien sebesar 0.472 atau 47,2%. Kesimpulan dari hasil analisa data yang diperoleh bahwa Variabel X1 faktor Bukti Fisik, Variabel X2 Kehandalan, Variabel X3 Ketanggapan, Variabel X4 Jaminan Keamanan, dan Variabel X5 Empati keempat variabel berada pada angka koefisien 0,00 – 2,72 dan Variabel ke X5 dengan angka koefisien berpengaruh sedang dan juga Variabel yang terkait layanan angkutan umum bus yang memiliki pengaruh dominan dalam melayani pengguna atau penumpang angkutan umum bus, dengan angka efisien pengaruh sebesar 0,42.

References

Adisasmit, R. (2015). Analisis kebutuhan transportasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.

Badaron, S. F., Idrus, Y., Zaifuddin, Chaerunnisa, A., & Idrus, Y. (2019). Analisa Kinerja Angkutan Umum di Kota Makassar (Pete-pete trayek A dan D). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil, 1, 9–17. https://jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/JILMATEKS/ article/view/245

Indrasari, D. M. (2017). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. UNITOMO PRESS, 01, 1–7.

Maryam, S., Syarkawi, M. T., & Khaer, M. (2020). Studi Perbandingan Karakteristik Pengguna Angkutan Online dan Angkutan Konvensional di Kota Makassar. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 5(3), 275–289. https://doi.org/10.33096/jtsm.v5i3.205

Musa, R., Said, L. B., & Mahyuddin, D. (2021). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Penumpang Pada Terminal (Kasus Terminal Regional Daya Makassar). Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(2), 151–158. https://doi.org/10.33096/ jtsm.v6i2.340

Mutiawati, C. (2019). Kinerja pelayanan angkutan umum jalan raya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.

Nur, Z. (2019). Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Antar Provinsi Trayek Kota Medan – Blangkejeren ( Studi Kasus ). Research Repository UMSU. http:// repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7990

Prakoso, F. A. (2020). Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Angkutan Pedesaan Trayek Slawi – Larangan). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Said, L. B., Syafei, I., & Amir, M. S. (2022). Kajian Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan dan Minat Pengguna Teman Bus berdasarkan Persepsi Masyarakat (Kasus Trayek Mamminasata Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Konstruksi: teKNik, infraSTRUKtur, dan SaIns, 1(3), 45. https://mail.pasca-umi.ac.id/index.php/ kons/article/view/1032

Said, L. B., Syarkawi, M. T., & Murdipin. (2021). Analisis Kinerja Terminal Regional Angkutan Umum (Studi Kasus Terminal Regional Daya Makassar). Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(3), 213–220. https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i3.348

Saudi, A. I. N. F. M. (2022). MAMUJU SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Studi Kasus : Bus PO . Bintang Timur Trayek Mamuju-Makassar ( Performance of Public Transportation Bus Services in Mamuju City Through The Covid-. Jurnal Infrastruktur, 8(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/ 10.35814 / infrastruktur. v8i1.3169

Seran, E. N. B., & Joewono, T. B. (2019). Atribut Kualitas Pelayanan ANgkutan Publik di Kota Bandung. Jurnal Teknik Sipil, 11(2), 109–131. https:// doi.org/10.28932/ jts.v11i2.1406

Suseno, E. R. (2019). Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik Bus Rapid Transit di Kota Surakarta. Universitas Sebelas Maret, 8(5), 55. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/ download/73457/MzgwNTIx/Efektivitas-pelayanan-transportasi-publik-bus-rapid-transit-di-kota-Surakarta-COVER.pdf

Syafei, I., Said, L. B., & Hamzah. (2021). Analisis Komparasi Layanan Angkutan Online dan Konvensional Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Kota Makassar. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(2), 166–174. https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i2.342

Syarkawi, M. T., H, S. M., & Nuh, M. A. (2022). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Kota bagi Pegawai Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional. Jurnal Konstruksi : teKNik, infraSTRUKtur, dan SaIns, 1(2), 21–28. http://pasca-umi.ac.id/index.php/kons/article/view/1015

Downloads

Published

2025-04-30