STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN EKOWISATA TEPIAN SUNGAI TALLO DI MAKASSAR

  • Andi Muhammad Ikhsan B Universitas Muslim Indonesia
Keywords: sungai tallo, potensi alam, pengembangan ekowisata

Abstract

Kawasan sungai tallo merupakan kawasan dengan perpaduan daerah daratan dengan daerah perairan. Kawasan sungai tallo juga memiliki perpaduan fungsi antara fungsi utama sebagai penyedia air irigasi dan fungsi sebagai daerah tujuan wisata alternatif. Berkaitan dengan hal tersebut wisata yang dikembangkan di kawasan sungai tallo haruslah wisata yang dapat mendukung fungsi utama sungai sebagai penyedia air irigasi dan mendukung konservasi tanah. Ekowisata (ecotourism) merupakan jenis wisata yang mendukung upaya konservasi. Wisata ini juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap lingkungan, budaya, sejarah dan partisipasi penduduk lokal. Pengembangan ekowisata di kawasan sungai tallo dilaksanakan sebagai upaya pengembangan wisata yang dapat mendukung kelestarian sungai Penelitian ini bertujuan; (1) Mengidentifikasi potensi  ekowisata sungai di kawasan sungai tallo, (2) Merumuskan strategi yang harus dikembangkan dalam pemanfaatan sungai tallo untuk pengembangan ekowisata di Kota Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui analisis kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk mengembangkan potensi alam berupa kampung ekologis dan taman ramah lingkungan, menambah akses dari dan menuju ke sungai tallo seperti pembuatan dermaga wisata spermonde, menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan keperluan ekowisata di sungai tallo, perlu dilakukan penelitian lanjutan khususnya mengenai ekohidrolika dikawasan sungai.

References

Ann Bren dan Dick Rigby, Waterfront : Cities Reclaim Their Edges, Mc Graw Hill Inc. New York, hal. 10.

Ardani, 1992. Konsep-konsep pengembangan wilayah.

Choy,D.L. 1997. Perencanaan Ekowisata. Belajar dari Pengalaman di South East Queesland. Proceedings on The Planning and Workshop of Planning Sustainable Tourism. Penerbit ITB Bandung.

Damanik, J. dan Weber, H.F. 2006. Perencanaan Ekowisata – Dari Teori ke Aplikasi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Fandeli,C. Dan Nurdin,M. 2005. Pengembangan Ekowisata Berbasis Konservasi di Taman Nasional. UGM. Yogyakarta.

Faulkner, B. 1997. Tourism Development in Indonesia, In Big Prespective Proceeding on the Training and Workshop of Planning Sustainable Tourism. Penerbit ITB. Bandung.

Hadi, S. P. 2007. Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism). Makalah Seminar Sosialisasi Sadar Wisata ”Edukasi Sadar Wisata bagi Masyarakat di Semarang.

Rangkuti, F. 1997. Analisis SWOT : Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Soemarwoto, O. 2004. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Djambatan. Jakarta.

Wikantari, Ria. 2009. Metode Penelitian. Disajikan sebagai Bahan Ajar pada Mahasiswa Perencanaan Pengembangan wilayah Angkatan 2009, Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar, Makassar 12 Desember 2009
Published
2016-02-26
How to Cite
1.
B AMI. STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN EKOWISATA TEPIAN SUNGAI TALLO DI MAKASSAR. Losari J.Ars Kot Man [Internet]. 2016Feb.26 [cited 2024Mar.28];1(1):57-2. Available from: https://jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/losari/article/view/38
Section
Artikel