Analisis Penentuan Lokasi Rumah Sakit Tipe C Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di Kabupaten Sumedang

  • Andre Wirapati Prasasta Natsir Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iwan Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lili Somantri Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: lokasi, rumah sakit baru, AHP, SIG

Abstract

Laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat berjalan seiringan dengan permintaan masyarakat pada suatu fasilitas pelayanan di bidang kesehatan, khususnya rumah sakit. Kabupaten Sumedang merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk cukup tinggi. Namun berdasarkan standar rasio tempat tidur rumah sakit dengan jumlah penduduk 1:1.000 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, Kabupaten Sumedang belum memenuhi standar rasio tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi sebaran rumah sakit eksisting dan menentukan alternatif lokasi rumah sakit tipe C baru yang ideal. Metode yang digunakan adalah metode Sistem Informasi Geografis dengan pembobotan AHP (Analytical Hierarchy Process). Teknik analisis data berupa analisis spasial deskriptif, network analyst service area dan overlay. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi sebaran rumah sakit eksisting mampu menjangkau 13 Kecamatan dari 26 Kecamatan di Kabupaten Sumedang berdasarkan radius 10 km. Alternatif lokasi rumah sakit baru terbagi menjadi lima kelas yakni klasifikasi sangat tidak sesuai tertinggi berada di Kecamatan Buahdua dengan luas 73,27 km2, klasifikasi tidak sesuai tertinggi berada di Kecamatan Jatigede dengan luas 47,74 km2, klasifikasi agak sesuai tertinggi berada di Kecamatan Buahdua dengan luas 34,63 km2, klasifikasi sesuai tertinggi berada di Kecamatan Sumedang Utara dengan luas 11,33 km2, dan klasifikasi sangat sesuai tertinggi berada di Kecamatan  Jatinangor dengan luas 6,83 km2. Penelitian ini bermanfaat bagi masyarakat, pihak swasta, hingga pemerintah yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan rumah sakit baru di suatu daerah.

Author Biographies

Andre Wirapati Prasasta Natsir, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia

Iwan Setiawan, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia

Lili Somantri, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia

Published
2021-02-06
How to Cite
[1]
Natsir, A.W.P., Setiawan, I. and Somantri, L. 2021. Analisis Penentuan Lokasi Rumah Sakit Tipe C Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di Kabupaten Sumedang. LOSARI : Jurnal Arsitektur Kota dan Pemukiman. 6, 1 (Feb. 2021), 55-71. DOI:https://doi.org/10.33096/losari.v6i1.268.
Section
Artikel