Analisis Identifikasi dan Persepsi Manajemen Keselamatan Kerja pada Proyek Konstruksi

  • Suriati Abd. Muin Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
  • Rani Bastari Alkam Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Keselamtan Kerja, Alat pelindung diri, Proyek, Konstruksi, Tenaga kerja

Abstract

Keselamatan kerja pada pelaksaan proyek konstruksi harus menjadi prioritas utama. Akan tetapi tidak semua perusahaan memahami dan mengetahui bagaimana mengimplementasikan rencana keselamaan kerja (RKK) dengan baik dalam lingkup perusahan konstruksi maupun dalam pelaksaan di lapangan. Implementasi manajemen keselamatan kerja yang tidak memenuhi peraturan yang berlaku berdampak pada terganggunya proses pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana penerapan dan prinsip manajemen keselamatan kerja di lokasi proyek dan bagaimana persepsi pekerja terhadap implementasi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada proyek pembangunan gedung BCA kantor cabang utama panakkukang dengan cara survei dan observasi pemakaian alat pelindung diri (APD) yang diperoleh dari safety officer PT. Pulau Intan Baja Perkasa Konstruksi yaitu data pekerja yang memakai dan melengkapi APD dan yang tidak memakainya saat bekerja. Instrumen kuesioner juga dibagikan kepada pekerja untuk mengetahui persepsi pekerja terhadap penerapan manejemen keselamatan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu sebesar 45,45% dari checklist manajemen keselamatan kerja telah dilaksanakan, 36,36% tidak dilaksanakan sepenuhnya dan 18,18%  tidak dilaksanakan. Selain itu, 48,61% sangat setuju perlunya penerapan manajemen keselamatan kerja di lokasi proyek, 41,11% setuju, 7,78% cukup setuju, 2,22%, tidak setuju, dan sangat tidak setuju 0,28%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar Husen, “Manajemen Proyek Edisi II”, Andi, Yogyakarta, 2005.
Ervianto Wolfram I., “Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi)”, Andi, Yogyakarta, 2005.
Ghozali Imam “Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”, Universitas Diponegoro, 2005.
Irawan Agung, “Pengaruh Penerepan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja”, Master Tesis, FTUI, 2001. http://eprints.uns.ac.id/145/1/168750609201008481.pdf
Kurniawan Albert, “Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula”, Mediakom, Yogyakarta, 2009.
Sedarmayanti, “Metodologi Penelitian”, Mandar Maju, Bandung, 2011.
Soeharto Iman, Manajemen Proyek “ Dari Konseptual Sampai Operasional”, Erlangga, Jakarta, 1998.
Published
2020-10-31
How to Cite
[1]
Abd. Muin, S. and Alkam, R.B. 2020. Analisis Identifikasi dan Persepsi Manajemen Keselamatan Kerja pada Proyek Konstruksi . Jurnal Teknik Sipil MACCA. 5, 3 (Oct. 2020), 219-225.